Jumat, 23 Desember 2011

Inilah Pembuat Sperma Loyo



consumer-action.org

Makanan kaleng mengandung BPA yang memiliki sifat seperti estrogen.
Intisari-Online.com - Tak hanya koneksi WiFi yang bikin sperma menjadi loyo. Beberapa hal di bawah ini ternyata bisa bikin sperma berkurang kualitasnya.
Ponsel. Para peneliti percaya bahwa radiasi dari frekuensi elektromagnetik ponsel memiliki potensi bisa merusak sperma. Peneliti dari Turki mengumpulkan contoh sperma manusia dan memaparkannya selama 1 jam ke radiasi elektromagnetik ponsel. Hasilnya, paparan itu membuat sperma bersifat abnormal, terutama sulit untuk menuju ke sel telur. Untuk mengatasi hal ini, jauhkan ponsel dari daerah vital Anda.
Makanan kaleng. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa lelaki yang memiliki kadar bisphenol-A (BPA, senyawa kimia yang ditemukan di lapisan kaleng makanan dan minuman) di urinenya ternyata memiliki sperma berkualitas rendah. Para peneliti memantau dua kelompok lelaki, yang pertama dipaparkan BPA dan satunya tidak. Hasilnya, mereka yang terpapar memiliki sperma berkualitas rendah. Menurut para peneliti itu, BPA memiliki sifat seperti estrogen di tubuh lelaki – artinya senyawa ini akan mengurangi fungsi hormon lelaki. Akibatnya, kelompok yang terpapar BPA memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit serta kualitas yang buruk. Dalam kata lain, spermanya susah untuk berenang.
Pembentuk otot. Menurut National Institute on Drug Abuse, ketika menggunakan anabolic steroid, testis cenderung menyusut. Hal ini menyebabkan produksi hormon lelaki terganggu. “Tak masalah apakah berbentuk pil, jelly, atau suntikan, lelaki perlu menyadari bahwa doping steroid memiliki pengaruh yang benar-benar negatif terhadap sistem produksi mereka. Secara literatur akan mematikan produksi sperma,” kata Dr. Lipshultz urolog yang mendalami kesuburan lelaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar