Kamis, 29 Desember 2011

5 Trik Memiliki Perut Rata

 
 
Trik sederhana yang membuat impian perut rata berada pada track yang benar.

Memiliki perut rata sebenarnya bukan hanya agar tampilan kita terlihat sempurna tapi juga dapat menyelamatkan hidup. Sebab membuat lemak-lemak enggan menempel di perut adalah cara yang paling masuk akal untuk membuat insulin kita bekerja normal. Plus menjaga perut tetap rata juga akan membuat kadar kolesterol dan tekanan darah tetap berada pada batas normal.

Apa hubungannya perut rata dengan semua itu? David L. Katz, MD., asisten profesor Yale University School of Medicine ini menjelaskan, lemak perut atau visceral yang berlebihan akan menghambat fungsi hati sebagai penyaring racun dalam darah. Inilah yang nantinya akan membuat sistem sirkulasi tubuh tidak berjalan normal. Alhasil berbagai masalah kesehatan pun bermunculan, mulai dari kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, hingga resistensi insulin.

Dan sebenarnya, tambah Katz, tak hanya mereka yang kelebihan berat badan yang harus diwaspadai memiliki tumpukan lemak perut yang banyak. Sebab kurangnya olahraga serta pola hidup yang tak sehat juga akan membuat tumpukan lemak perut semakin mudah terbentuk.

Maka mulai hari ini cobalah lakukan 5 trik kebiasaan yang bisa menyelamatkan kita dari perut buncit.

1. Pilihlah olahraga yang membentuk seluruh bagian tubuh.
Mendengar betapa tumpukan lemak perut dapat mengacaukan sirkulasi tubuh kita, bukan berarti kita hanya fokus membabat lemak di wilayah itu saja. Kita perlu memperhatikan lemak-lemak di bagian lain seperti lemak di bagian rusuk dan pinggul. Sebenarnya perut, pinggul, dan rusuk adalah tubuh bagian tengah yang otot-ototnya saling berhubungan. Jadi gerakan olahraga kita juga seharusnya menyentuh bagian-bagian tersebut.

Plus, kita juga harus membentuk otot tangan dan paha yang akan menyempurnakan tampilan proporsional kita.

Lalu, olahraga apa yang bisa menjangkau semua otot itu? Pilihannya banyak, tapi salah satunya adalah Pilates. Olahraga ini tak hanya akan menguatkan postur tubuh kita tapi juga membabat lemak di perut, lengan, dan kaki. Tak hanya itu, Pilates juga dapat membuat tubuh kita lebih lentur sehingga sangat kecil risiko untuk mengalami cedera.

2. Atur makanan kita.
Setelah tekun melakukan olahraga bakar lemak, bukan berarti kita bisa cuek dengan makanan yang kita masukkan ke dalam mulut. Karena bagaimana pun juga, lemak-lemak di perut ada berkat pilihan makanan kita. Rumus ringkasnya, makanlah secukupnya dan bergeraklah sebanyaknya. Semakin sering kita bergerak atau berolahraga maka semakin cepat tubuh membakar lemak-lemak menjadi energi.

3. Jangan biasakan membungkuk!
Saat kita membungkuk, tanpa disadari sebenarnya kita mendorong otot-otot perut kita ke depan. Sehingga sebutan perut buncit tak bisa dihindari. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk berdiri dengan tegak!

Ingin tahu posisi tegak yang baik? Pastikan telinga kita sejajar dengan pundak. Ini artinya, dagu kita akan lurus ke depan tidak tertunduk. Setelah itu sejajarkan juga pundak dengan pinggul, dan kedua kaki berdiri tegak. Agar lebih mudah memvisualisasikannya, bayangkan kita menarik garis lurus dari kaki ke lutut, lalu ke pinggul dan punggung, dan berakhir di telinga hingga kepala.

Pada bagian dada, tarik kedua pundak kita ke samping sehingga akan membuka lebar dada kita. Bayangkan seperti menggantung baju pada sebuah gantungan. Dan pada perut, tarik pusar kita ke dalam sehingga otot perut selalu dalam keadaan rata. Ini akan membuat kita meletakkan beban tubuh seimbang pada kedua kaki.

4. Lakukan gerakan Canoe Twist.
Berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar pinggul kita. Jalin jari-jari tangan kita dan letakkan di depan dada. Embuskan napas dan lepaskan jalinan jari-jari sambil mengarahkan kedua tangan, dada, dan pundak kita ke bagian kiri tubuh, seolah kita tengah mendayung canoe. Secara perlahan, angkat lutut kiri dan arahkan ke kanan tubuh. Tarik napas sambil kembali pada posisi semula.

Embuskan napas kembali sambil mengulang gerakan, kali ini lakukan untuk tubuh sebelah kanan. Lakukan gerakan secara bergantian sebanyak 20 repetisi.

5. Gerakan Cat Kick.
Berdiri dengan kedua kaki menempel, lalu rentangkan kedua tangan ke samping, seolah-olah kita memiliki sayap untuk terbang. Embuskan napas dan angkat kaki kiri ke atas lalu luruskan kaki ke depan. Saat bersamaan, arahkan tangan kanan kita ke depan dada sambil membungkukkan torso. Ini akan membuat pusar kita tertarik ke dalam. Tarik napas dan kembali ke posisi semula.Embuskan napas kembali seraya melakukan gerakan yang sama, tapi kali ini untuk kaki kiri. Lakukan gerakan sebanyak 20 repetisi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar