Jumat, 06 Januari 2012

4 Hal yang Perlu dilakukan Ketika Account di-Hack





Sebagai jejaring sosial yang terbesar di dunia, tentunya facebook sudah memikirkan dan mengimplementasikan berlapis - lapis tingkat keamanan account pengguna. Bahkan, Anda masih bisa mendapatkan account Anda meskipun password-nya telah diganti.




1... Ubah Password Anda
Bila anda mendapati account anda di akses orang lain, tetapi password -nya belum diganti, beruntunglah anda. Sebelum password tersebut diganti oleh orang lain, ubahlah password anda di menu Account Setting > General > Password


2... Cek E-mail untuk perubahan Password
Apabila sang pembobol berusaha mengganti password anda, Sebenarnya Anda akan menerima pemberitahuan di seluruh e-mail Anda yang terasosiasi dengan Account Anda bahwa ada seorang yang mengubah password Anda. Bila Anda tidak merasa melakukan hal tersebut, segera buka e-mail Anda dan klik link yang dikirimkan oleh Facebook.
Setelah membuka link tersebut, klik tombol Continue bila memang Anda merasa account Anda di-hack orang lain. Anda juga akan diminta untuk mengisi password baru Anda.

3... Laporkan account Anda yang telah dibobol
Anda bisa melaporkan hal tersebut melalui alamat http://www.facebook.com/hacked/. Klik tombol My Account is Compromised.
Anda akan diminta mengisi e-mail, username, ataupun nama Anda dan teman Anda untuk mengidentifikasi account Anda. Setelah itu, Anda diminta untuk mengisi password Anda, baik yang lama maupun yang baru. Langkah selanjutnya hampir serupa dengan point 2.

4... Hapus akses aplikasi yang tidak diperlukan 
Facebook menyediakan API yang memungkinkan aplikasi lain mengkases account anda. Tentu saja karena sudah menggunakan Oauth, hak akses setiap aplikasi ada di tangan Anda, karena terkadang aplikasi inilah yang sengaja dibuat untuk meng-hijack account Anda. Segeralah hapus akses aplikasi yang tidak Anda perlukan melalui menu Account Setting > Apps. Anda bisa melihat setiap akses aplikasi third-party yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar